Rugikan Negara 78 Triliun, Surya Darmadi Dikabarkan Kabur ke Singapura! KPK: Kita Punya Perjanjian Ekstradisi


[email protected]

AKSARA KHATULISTIWA - Surya Darmadi, buronan yang merugikan negara hingga 78 Trilliun dikabarkan berada di negara Singapura.

Tim Kpk dan Kejakgung sedang memburu buronan Kelas Kakap ini yang sudah diketahui nama dan latar belakangnya sebagai pemilik PT Duta Palma Group.

KPK membuka peluang melakasanakan ekstradisi secara cepat jika benar buronan tersebut berada di Singapura.

Ekstradisi sendiri merupakan perjanjian terkait proses dimana seoarang tersangka yang ditahan diserahkan dari suatu negara ke negara asalnya.

(BACA JUGA:Blokir Dibuka Kemkominfo! Steam dan Paypal Telah Bisa Diakses Lagi)

"Terkait dengan ekstradisi juga nanti pasti akan kami jajaki. semisal yang bersangkutan keberadaannya betul di sana dan kita punya perjanjian ekstradisi," ucap Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, kepada wartawan, di Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

Alex masih belum mengetahui status kewarganegaraan Surya Darmadi sampai sekarang. Namun dirinya akan melakukan pemeriksaan lebih jauh mengenai status kewarganegaraan Surya sebelum dilakukan proses ekstradisi.

KPK juga meminta bantuan kepada lembaga antikorupsi Singapura, Corrupt practices Investigation Bureau (CPIB) untuk memburu Surya Darmadi.

"Apa yang kejahatan dilakukan di Indonesia itu mempunyai sanksi hukum yang sama di Singapura. Ya itu kan syarat-syarat perjanjian ekstradisi seperti itu," ungkap Alex.

(BACA JUGA:KPU Membuka Pendafataran PARPOL, PKS Melakukan Pendaftaran Hari Pertama, Syaikhu: 'Salah Satu Bentuk Ikhtiar')

Surya darmadi sendiri sudah ditetapkan oleh pihak kpk terkait kasus dugaan Suap berkenaan pengajuan revisi alih fungsi hutan di riau tahun 2014.

(Qolbi Istaghfirul)

`
Kategori : Nasional
Sumber : pjmnews