Jangan Sampai Keliru Tentang Puasa di Awal Muharram! Ini Nasihat Buya Yahya dan Amalan yang Dianjurkan


Ilustrasi Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H-Ahmed Aqtai-pexels.com

AKSARA KHATULISTIWA - Bulan Muharram adalah salah satu dari 4 bulan suci dalam hijriah. Banyak anjuran-anjuran Amalan yang diidentikkan atau dikhususkan di bulan ini.

Sayangnya, masih cukup banyak umat muslim yang salah menyikapi dan mengamalkan amalan salah atau palsu. Seperti Puasa akhir tahun dan awal tahun baru.

Sebagaimana dikutip Aksara Khatulistiwa dari kanal YouTube Kajian Islam Populer pada 03 Agustus 2022, berikut tanggapan Buya Yahya terkait amalan-amalan salah serta keliru:

(BACA JUGA:Kultum Singkat Gus Baha, Inilah Amalan Doa dan Wirid di Bulan Muharram dari Shahih Bukhari)

“Awal tahun dan akhir tahun ada pada zaman sayyidina Umar bin Khattab, bukan zaman nabi. Sosok yang mencetuskan awal tahun baru itu sayyidina Umar, Khalifah Umar bin Khattab.

Untuk amalan bulan Muharram cukup hadits shahih yang berbunyi ‘afdholu shshiyaami ba’du romadhon syahrullahi almuharrom’: puasa yang paling bagus setelah ramadhan adalah bulan muharram secara utuh.”

Buya Yahya juga menuturkan bahwa amalan-amalan seperti Kyai yang menyuruh santrinya membaca yasin 16x, menulis bismillahirrohmanirrohim yang banyak, baca ayat kursi beberapa kali, mengkhatamkan al-quran 3x di awal bulan muharram tetapi jangan dinisbatkan kepada Rasulullah itu boleh, bagus.

(BACA JUGA:Kultum Singkat Ustadz Adi Hidayat, Inilah Amalan Puasa di Bulan Muharram! Mudah Dikerjakan )

Pria yang bernama lengkap Yahya Zainul Ma’arif ini juga mengucapkan bahwa, diantara bulan muharram terdapat hari yang istimewa, adalah 10 Muharram / asyuro.

Akan jauh lebih hebat lagi bila ditambahkan puasa di tanggal 9, kalau tidak bisa di tanggal 9, bisa tanggal 11, untung-untungnya bisa 9,10,11 muharram

Wallahu a’lam Bishshowab

(MSZ)AK

`
Kategori : Oase