Bidden Tetapkan US Darurat Kesehatan Nasional Karena Cacar Monyet


Kasus monkey pox pada bayi-Gerd Altmann-Pixabay

AKSARA KHATULISTIWA- Pemerintahan Biden pada hari Kamis (4/8/22) menyatakan wabah Cacar Monyet yang berkembang sebagai darurat kesehatan nasional. 

Penunjukan langka yang menandakan bahwa virus itu sekarang mewakili risiko yang signifikan bagi orang Amerika dan menggerakkan langkah-langkah baru yang bertujuan untuk mengatasi ancaman tersebut.

(BACA JUGA:Pandemi Cacar Monyet Mendunia! WHO Desak Semua Negara Untuk Mengumpulkan dan Berbagi Data Terkait Vaksin)

Deklarasi oleh Xavier Becerra, sekretaris kesehatan Presiden Biden, menandai darurat nasional kelima sejak 2001,  setelah keadaan darurat karena pandemi virus Corona. WHO sendiri mengumumkan darurat kesehatan global atas wabah itu akhir bulan lalu.

Kami siap untuk mengambil respons kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini,” kata Becerra.

(BACA JUGA:Banjir Kentucky Terburuk Sepanjang Masa Terjang Amerika Serikat, Renggut Lebih dari 37 Nyawa)

Ia juga menambahkan bahwa “kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap serius cacar monyet, dan bertanggung jawab untuk membantu kami mengatasi virus ini.”

Pasokan Vaksin cacar monyet, yang disebut Jynneos, telah sangat dibatasi, dan pemerintah telah dikritik karena bergerak terlalu lambat untuk memperluas jumlah dosis. Kurang dari satu dekade yang lalu, Amerika Serikat memiliki 20 juta dosis Jynneos ; pada bulan Mei, sebagian besar dari mereka telah kedaluwarsa.

`
Kategori : Internasional