Cerita Di balik Lirik Lagu Halo Halo Bandung, Lagu Wajib Nasional yang Sangat Populer


--pixabay

AKSARA KHATULISTIWA - Pada awalnya, lagu Halo Halo Bandung ini diciptakan atas dasar ungkapan rindu yang sentimental dari warga Bandung, bukan sebagai lagu perjuangan.

Namun, setelah peristiwa Bandung Lautan Api, sang penggagas lagu ini, yaitu sang komponis legendaris Ismail Marzuki kemudian mengubah dua baris terakhir dari lirik lagu Halo Bandung tersebut agar lebih menjadi lebih patriotis dan membakar semangat perjuangan.

Jadilah lagu halo halo bandung ini sampai sekarang dikenal sebagai lagu perjuangan.  

(BACA JUGA:Link Nonton Drakor All of Us Are Dead LEGAL! Menampilkan Park Ji Hu & Park Solomon, No IndoXXI & Dutafilm)

Ismail marzuki memang dikenal sebagai pencipta lagu yang telah berkarya sejak zaman colonial. Dia lahir di Batavia pada 11 Mei 1914 dan wafat pada 15 Mei 1958 di kota yang sama.

Diketahui bahwa kala terjadi peristiwa bandung lautan api tahun 1946, ismail tengah berada di kota bandung untuk mengunjungi mertuanya yang sakit sekaligus mengungsi.

Saat terjadi kerusuhan, api tampak berkobar menyala di sebagian badan kota. Dari situasi inilah ismail memperoleh inspirasi dalam penciptaan lagu ini.

(BACA JUGA:Hoki Selamat Dunia Akhirat! 5 Weton yang Dilindungi dari Marabahaya, Sial dan Musibah)

Lagu ini mengandung semangat heroism yang tinggi. Liriknya penuh semangat perjuangan terutama pada bagan akhir yang mengenang perjuangan rakyt bandung dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah lirik lagu lengkap dari “Halo-Halo bandung” untuk menambah semangat perjuangan :

“Lagu Halo halo bandung”

Halo-halo Bandung

Ibu kota Periangan

Halo-halo Bandung

Kota kenang-kenangan

 

Sudah lama beta

Tidak berjumpa dengan kau

Sekarang telah menjadi lautan api

Mari bung rebut kembali

(BACA JUGA:Ingin Ikan Guppy Kesayangan Anda Terlihat Menawan? Simak Cara Mudah Berikut Ini)

Bandung lautan api. Ialah peristiwa bersejarah yang tak lekang diingatan. Maret 1946, kota bandung hangus dilalap api. Tentara repubilk dan warga bandung membakar markas dan rumah mereka sendiri.

Segenap rakyat bandung tidak sudi menyerahkan kota mereka begitu saja kepada tentara sekutu.  

Begitulah situasi kota bandung di masa genting revolusi yang kemudian dikenal sebagai “Bandung Lautan Api”.

Di mana kemudian menjadi asal muasal dari lagu Halo halo Bandung. lagu ini merupakan lagu bertemakan perjuangan yang cocok untuk memeriahkan hari kemerdekaan 16 Agustus 1945

(Saturn)

 

`
Kategori : Nasional