Ingin Tidurmu Berkualitas? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini, Hanya Modal Susu Hingga Nasi


Ilustrasi makanan yang bernutrisi-LubosHouska-Pixabay.com

AKSARA KHATULISTIWA - Tidur nyenyak memang sangat penting untuk kesehatan. Tidur berkualitas bahkan dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis tertentu, menjaga otak tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Umumnya disarankan agar Tidur antara 7 dan 9 jam setiap malam. 

(BACA JUGA:Susah Tidur Malam? AWAS, Kenali 13 Tanda-Tanda Terkena Kiriman Santet Berikut ini)

Ada banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, termasuk mengubah pola makan Anda, karena beberapa makanan dan minuman memiliki sifat meningkatkan tidur 

Beberapa makanan dan minuman lain memiliki sifat yang meningkatkan tidur. Misalnya, mereka mungkin mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi seperti triptofan.

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Sebelum Tidur! Pelindung Diri dari Marabahaya dan Santen Jin Jahat)

Namun, dalam beberapa kasus, ada sedikit penelitian tentang efek spesifiknya pada tidur.

1. Almond

Almond adalah jenis kacang pohon dengan banyak manfaat kesehatan. Telah diklaim bahwa almond dapat membantu meningkatkan kualitas tidur juga. Ini karena almond, bersama dengan beberapa jenis kacang lainnya, merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin mengatur jam internal dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

Almond juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik , menyediakan 19% dari kebutuhan harian Anda hanya dalam 1 ons. Mengkonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang menderita Insomnia.

(BACA JUGA:Payudaramu Kendur? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini biar Kencang Kembali! Plus 3 Tips Pengobatan Rumahan)

2. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh herbal populer yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan .

Ini terkenal dengan flavonnya . Flavon adalah kelas Antioksidan yang mengurangi peradangan yang sering menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung 

Ada juga beberapa bukti bahwa minum teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda, mengurangi kecemasan dan depresi, dan meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, teh chamomile memiliki beberapa sifat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

(BACA JUGA:4 Tafsir Mimpi tentang Makanan Menurut Primbon Jawa, Pertanda Apa?)

Secara khusus, teh chamomile mengandung apigenin. Antioksidan ini mengikat reseptor tertentu di otak Anda yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti Salmon, tuna, trout, dan mackerel, sangat sehat. Apa yang membuat mereka unik adalah jumlah vitamin D yang luar biasa. Selain itu, ikan berlemak tinggi akan asam lemak omega-3 yang sehat , khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin.

Efek ini dianggap sebagai hasil dari vitamin D. Mereka yang berada dalam kelompok ikan memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi, yang dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur yang signifikan.

(BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Bervitamin D! Bisa Cegah Autoimun, Berikut Daftarnya)

Makan beberapa ons ikan berlemak sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuat kesimpulan pasti tentang kemampuan ikan berlemak untuk meningkatkan kualitas tidur.

4. Nasi putih

Nasi putih adalah biji-bijian yang banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok di banyak negara.

Perbedaan utama antara beras putih dan beras merah adalah bahwa beras putih telah dihilangkan dedak dan kumannya. Ini membuatnya lebih rendah serat, nutrisi, dan antioksidan.

Namun demikian, nasi putih masih mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam jumlah yang layak.

(BACA JUGA:7 Rekomendasi Makanan Bervitamin D! Bisa Cegah Autoimun, Berikut Daftarnya)

Kandungan karbohidrat dan kurangnya serat berkontribusi pada indeks glikemik (GI) yang tinggi. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah Anda.

Disarankan bahwa makan makanan dengan GI tinggi, seperti nasi putih, setidaknya 1 jam sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

5. Produk susu

Produk susu, seperti segelas susu , keju cottage, dan yogurt tawar, dikenal sebagai sumber triptofan. Susu telah terbukti meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa yang lebih tua, terutama bila dipasangkan dengan olahraga ringan.

(BACA JUGA:10 Ide Makan Malam Sederhana untuk Diet yang Bisa Kamu Terapkan di Rumah! Yuk Kepoin)

6. Pisang

Kulit pisang mengandung triptofan dan buahnya sendiri merupakan sumber magnesium yang sederhana. Kedua sifat ini dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik 

Oatmeal: Mirip dengan nasi, oatmeal tinggi karbohidrat dengan sedikit lebih banyak serat dan telah dilaporkan menyebabkan kantuk saat dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu, gandum adalah sumber melatonin terkenal.

(Anum Rini)

`
Kategori : Gaya Hidup
Sumber : healthline