Susah Tidur Karena Depresi? Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatan Gangguan Tidur yang Sepele Tapi Penting


Ilustrasi Kurang Tidur--Freepik.com

AKSARA KHATULISTIWA - Tidur adalah bagian penting dari kesehatan dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Seberapa baik Anda tidur mempengaruhi seberapa baik perasaan Anda ketika Anda bangun.

Panjang dan kualitas tidur Anda sama-sama penting. Kebanyakan orang menghabiskan hampir sepertiga dari hidup mereka untuk tidur, dan ini diperlukan untuk produktivitas dan kesehatan yang baik.

(BACA JUGA:10 Manfaat Utama Tidur yang Jarang Diketahui Orang! Salah Satunya Mencegah Bunuh Diri dan Sikap Suicidal)

Kebanyakan orang terkadang mengalami masalah tidur karena stres, jadwal yang padat, dan pengaruh luar lainnya. Namun, ketika masalah ini mulai terjadi secara teratur dan mengganggu kehidupan sehari-hari, mereka mungkin mengindikasikan Gangguan Tidur.

Tergantung pada jenis gangguan tidur, orang mungkin mengalami kesulitan untuk tertidur dan mungkin merasa sangat lelah sepanjang hari. Kurang tidur dapat berdampak negatif pada energi, suasana hati, konsentrasi, dan kesehatan secara keseluruhan. 

Apa saja Gejala gangguan tidur?

Gejala berbeda tergantung pada tingkat keparahan dan jenis gangguan tidur. Mereka juga dapat bervariasi ketika gangguan tidur adalah akibat dari kondisi lain.

Namun, gejala umum gangguan tidur meliputi:

(BACA JUGA:Kultum Singkat Gus Baha Tentang Fadhilah Tidur dan Pahala Tidur bagi Orang Islam)

  • kesulitan jatuh atau tetap tertidur
  • kelelahan siang hari
  • dorongan kuat untuk tidur di siang hari
  • pola pernapasan yang tidak biasa
  • dorongan yang tidak biasa atau tidak menyenangkan untuk bergerak saat tertidur
  • gerakan yang tidak biasa atau pengalaman lain saat tidur
  • perubahan yang tidak disengaja pada jadwal tidur/bangun Anda

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Sebelum Tidur! Pelindung Diri dari Marabahaya dan Santen Jin Jahat)

  • iritabilitas atau kecemasan
  • gangguan kinerja di tempat kerja atau sekolah
  • kurangnya konsentrasi
  • depresi
  • penambahan berat badan

Apa Penyebab gangguan tidur?

Ada banyak kondisi, penyakit, dan gangguan yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Dalam banyak kasus, gangguan tidur berkembang sebagai akibat dari masalah kesehatan yang mendasarinya.

  • Alergi dan masalah pernapasan

Alergi, pilek, dan infeksi saluran pernapasan atas dapat membuat sulit bernapas di malam hari. Ketidakmampuan bernapas melalui hidung juga dapat menyebabkan kesulitan tidur.

(BACA JUGA:Bermimpi Buah Pertanda Kaya Mendadak? Simak Tafsir Mimpi Buah Berdasarkan Primbon Jawa)

  • Sering buang air kecil

Nokturia , atau sering buang air kecil, dapat mengganggu tidur Anda dengan menyebabkan Anda terbangun di malam hari. Ketidakseimbangan hormon dan penyakit pada saluran kemih dapat berkontribusi pada perkembangan kondisi ini.

Rasa sakit yang konstan dapat membuat sulit untuk tertidur. Bahkan mungkin membangunkan Anda setelah Anda tertidur. Beberapa penyebab paling umum dari nyeri kronis meliputi:

(BACA JUGA:10 Manfaat Utama Tidur yang Jarang Diketahui Orang! Salah Satunya Mencegah Bunuh Diri dan Sikap Suicidal)

  • radang sendi
  • sindrom kelelahan kronis
  • fibromyalgia
  • penyakit radang usus
  • sakit kepala persisten
  • nyeri punggung bawah terus menerus

Dalam beberapa kasus, nyeri kronis bahkan dapat diperburuk oleh gangguan tidur. Misalnya, dokter percaya perkembangan fibromyalgia mungkin terkait dengan masalah tidur.

  • Stres dan kecemasan

Stres dan kecemasan seringkali berdampak negatif pada kualitas tidur. Mungkin sulit bagi Anda untuk tertidur atau tetap tertidur. Mimpi buruk, berbicara sambil tidur, atau berjalan sambil tidur juga dapat mengganggu tidur Anda.

Bagaimana pengobatan gangguan tidur?

Perawatan untuk gangguan tidur dapat bervariasi tergantung pada jenis dan penyebab yang mendasarinya. Namun, umumnya mencakup kombinasi perawatan medis dan perubahan gaya hidup.

(BACA JUGA:Susah Tidur Malam? AWAS, Kenali 13 Tanda-Tanda Terkena Kiriman Santet Berikut ini)

Perawatan medis

Perawatan medis untuk gangguan tidur mungkin termasuk salah satu dari berikut ini:

  • obat tidur
  • suplemen melatonin
  • alergi atau obat flu
  • obat untuk masalah kesehatan yang mendasarinya
  • alat pernapasan atau operasi (biasanya untuk sleep apnea)
  • pelindung gigi (biasanya untuk menggertakkan gigi)
  • Perubahan gaya hidup

(BACA JUGA:Gak Cuma Buah! Ini 8 Makanan dan Minuman Sehat Untuk Menguatkan Paru-Paru)

Penyesuaian gaya hidup dapat sangat meningkatkan kualitas tidur Anda, terutama jika dilakukan bersamaan dengan perawatan medis. Anda mungkin ingin mempertimbangkan:

  • Konsumsi lebih banyak sayuran dan ikan Anda, dan mengurangi asupan gula
  • mengurangi stres dan kecemasan dengan berolahraga dan peregangan
  • membuat dan mengikuti jadwal tidur yang teratur
  • kurangi minum air putih sebelum tidur

(BACA JUGA:Auto sehat ! Berikan 3 Trik Rahasia Ini ke Air Ikan Cupangmu yang Sakit)

  • membatasi asupan kafein Anda, terutama di sore atau malam hari
  • mengurangi penggunaan tembakau dan alkohol
  • makan makanan rendah karbohidrat yang lebih kecil sebelum tidur
  • menjaga berat badan yang sehat berdasarkan rekomendasi dokter Anda

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda secara signifikan. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk tidur di akhir pekan, hal ini dapat membuat Anda lebih sulit untuk bangun dan tertidur selama hari kerja.

 

(Anum Rini)

`
Kategori : Gaya Hidup
Sumber : healthline