Israel Kesulitan Pemindahan Jenazah Warga yang Tewas Di Gunung Rinjani


ilustrasi Israel-Edu_Castro27-pixabay.com

AKSARA KHATULISTIWA - Israel dikabarkan berusaha memindahkan jenazah Boaz Ben Annan yang meninggal saat mendaki Gunung Rinjani Lombok di Nusa Tenggara Barat.

Annan adalah penduduk ibukota, Tel Aviv. Ia meninggal setelah terjatuh saat mendaki Gunung Rinjani di ketinggian 3.760 meter di atas permukaan laut.

Pria 37 tahun itu dikabarkan terjatuh dari tebing setinggi 150 meter saat berfoto selfie di puncak Gunung Rinjani, Jumat (19/8).

Tim Sar setempat berhasil mengevakuasi jenazahnya hanya tiga hari setelah kejadian, yakni pada Senin (22/8). Tim pencarian dan penyelamatan lokal dibantu oleh organisasi penyelamat Israel Magnus selama evakuasi mayat.

(BACA JUGA:Dilamar Yakub Hasibuan Dengan Romantis, Jessica Yakin Memasuki Pernikahan Dengan Kekasihnya)

"Upaya penyelamatan dimulai saat kami menghadapi medan yang sulit, pegunungan, dan kondisi cuaca ekstrem," kata Magnus.

"Setelah tiga hari yang intens selama tim khusus bekerja di dataran tinggi dan medan yang sulit, tubuh Anan telah ditemukan dan akan dikirim kembali ke Israel untuk dimakamkan," tambah Magnus, dikutip oleh Times of Israel.

Kini jenazah Annan akan dipulangkan ke Israel untuk dimakamkan setelah menjalani serangkaian operasi kompleks karena Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik.

(BACA JUGA:Lolos Babak Selanjutnya! Ginting dan Jonatan Buka Pertandingan Perdana Kejuaraan Dunia 2022 dengan Apik)

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan bantuan dan bantuan dalam menangani jenazah Annan diberikan langsung oleh kedutaan di Singapura, karena Tel Aviv tidak memiliki perwakilan diplomatik di Indonesia. 

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit mengatakan, peristiwa itu terjadi saat Boaz berada di puncak Gunung Ranjadi sekitar pukul 05.30 WITA, Jumat (19/8).

Nanang mengatakan, Boaz dan dua temannya mulai mendaki pintu masuk Sembalun pada Kamis (18/8). Dikatakannya, sebelum turun, Anam sempat berfoto selfie di tepi tebing di puncak Gunung Rinjani.

(BACA JUGA:Lari dari Kenyataan? Inilah Arti Mimpi Terbang di Udara Menurut Ilmiah )

Nanang menjelaskan, akibat kurangnya kewaspadaan dan memperhatikan faktor keamanan, pria 37 tahun itu ambruk dan tewas seketika.

Akun Instagram Anan memperlihatkan beberapa foto yang diunggahnya ke berbagai situs wisata selama perjalanannya ke Indonesia.

Beberapa tempat wisata yang dikunjunginya antara lain Candi Prambanan, Danau Kelimutu, Nusa Penida, hingga Pulau Komodo. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Boaz Bar-Anan (@barboaz)

`
Kategori : Internasional
Sumber : instagram