Masih Bingung? Inilah Hubungan Gerd dan Anxiety hingga Penyebabnya


ilustrasi asam lambung-Pixabay-Derneunemann

AKSARA KHATULISTIWA - Gastroesophageal reflux disease atau Gerd Adalah kondisi kronis di mana Asam Lambung mengalir kembali ke kerongkongan Anda.

Tidak jarang juga mengalami refluks asam, tetapi refluks asam yang terjadi setidaknya dua kali seminggu baru bisa dianggap sebagai GERD.

sedangkan Kecemasan adalah respons alami tubuh terhadap stres, tetapi kecemasan yang berlangsung beberapa bulan dan mengganggu hidup Anda dapat mengindikasikan gangguan kecemasan.

(BACA JUGA:Susah Tidur Karena Depresi? Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatan Gangguan Tidur yang Sepele Tapi Penting)

Keduanya mungkin tampak sama sekali tidak berhubungan, tetapi para peneliti percaya mungkin ada hubungan antara GERD dan kecemasan, meskipun sifat dari hubungan itu tidak terlalu jelas.

GERD disebabkan oleh refluks asam yang sering terjadi, yang terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan Anda.

(BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Kaprah, Ini Cara yang Tepat Menyimpan Sayur dan Buah Biar Awet ala Tasyi Athasyia)

mengiritasi lapisan lambung dan terkadang menyebabkan peradangan. Ada beberapa kondisi tertentu yang dapat meningkatkan risiko GERD, antara lain:

  • Kegemukan
  • Hiatal Hernia
  • Pengosongan lambung yang tertunda
  • Kehamilan

Faktor gaya hidup tertentu juga dapat memperburuk refluks asam, termasuk kebiasaan makan yang buruk, seperti makan dalam porsi besar, berbaring saat atau setelah makan, atau makan makanan yang digoreng atau berlemak. 

(BACA JUGA:Pori-Pori Anda Besar? Inilah Faktor dan Cara Mengecilkan Pori-Pori)

Stres, yang terkait erat dengan kecemasan, juga diketahui memperburuk refluks asam. Oleh karena itu kedua hal ini berhubungan.

 

(Diwai)

AK

`
Kategori : Gaya Hidup
Sumber : healthline