Ga Perlu Panik, Lakukan Hal Ini Ketika Kamu Mengalami Patah Tulang


Fungsi Tulang-PublicDomainPictures-Pixabay

AKSARA KHATULISTIWA - Tidak perlu panik ketika terjadi Patah Tulang, simak cara yang tepat untuk menangani Cedera Patah Tulang dengan benar.

Patah tulang merupakan sesuatu yang tidak asing terjadi disekitar kita. Patah tulang bisa terjadi saat kita melakukan aktivitas apapun, misalnya saat berkendara, berolahraga, bermain, dan lain-lain.

Patah tulang terjadi ketika tulang dihantam oleh benda keras yang sangat kuat dan tidak bisa lagi menahan kekuatan benda tersebut.

(BACA JUGA:Ingin Tidurmu Berkualitas? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini, Hanya Modal Susu Hingga Nasi)

Kebanyakan orang mungkin akan panik ketika mengalami patah tulang. Namun sebenarnya Pertolongan Pertama bisa dilakukan supaya gejalanya tidak bertambah parah.

Penanganan pertama yang salah justru akan memperparah patah tulang yang dialami. Patah tulang yang menembus pembuluh darah dapat mengakibatkan pendarahan yang bisa berujung kepada kematian.

Dikutip tim AKSARA dari video Youtube INAHEALTH, gejala patah tulang diantaranya bengkak, nyeri, terlihat berbeda dari bentuk normal (ada kebengkokan).

(BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Kaprah, Ini Cara yang Tepat Menyimpan Sayur dan Buah Biar Awet ala Tasyi Athasyia)

''...yang tadinya bentuknya lurus, jadi kayak ada sudutnya di tengah'' jelas dr. Lutfi Sp.OtT (K).

Prinsip menolong korban adalah ''PRICE'', yakni Protection, Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Pertolongan pertama PRICE ini sangat penting dilakukan sebelum dibawa ke Rumah Sakit supaya dapat meminimalkan patah tulang.

PRICE sangat penting dipahami oleh orang awam sehingga apabila ada kejadian sewaktu-waktu dapat tertangani dengan baik. 

(BACA JUGA:3 Rekomendasi Drama Korea Genre Kriminal yang Tayang di Netfilx)

Tahap Protection dilakukan dengan cara membedong tangan dengan sebuah kain dan papan bidai supaya dapat meminimalisir pergerakan. 

Setelah tahap protection, maka dapat dilakukan tahap Rest. Tujuan dari dilakukannya tahap Rest adalah untuk mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami patah tulang.

Selanjutnya adalah tahap Ice dan Compression dengan cara melakukan kompres dingin menggunakan es. Tujuan dari kompres es ini adalah untuk mengurangi terjadinya bengkak.

(BACA JUGA:Buat Kalian yang Mau Jalan- Jalan ke Cina, 5 Angka Ini Ternyata Punya Mitos Tersendiri Lho! Simak)

Berikut ini akan diuraikan lebih jelas mengenai tahap pertolongan pertama pada patah tulang sebelum di bawa ke rumah sakit :

1. Ketika ada yang mengalami patah tulang, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjauhkan orang tersebut dari kerumunan dan membawanya ke tempat yang lebih aman.


Menjauhkan dari Kerumunan-Tangkapan Layar Youtube INAHEALTH-Youtube

(BACA JUGA:Innalilahi! Ibunda Deddy Corbuzier Masuk Rumah Sakit Usai Kecelakaan! Ini Kondisinya Sekarang )

2. Kemudian, istirahatkan (Rest) bagian tubuh korban yang diduga mengalami patah tulang.

Hal ini dapat dilakukan dengan menanyai korban tentang bagaian tubuh mana yang terasa sangat nyeri. Lalu, amati perubahan bentuk yang terjadi. 


Patah Tulang-Tangkapan Layar Youtube INAHEALTH-Youtube

(BACA JUGA:Lukisan Termahal di Indonesia! Ini Dia Lukisan Penangkapan Diponegoro yang Dicuri di Film Mencuri Raden Saleh)

3. Setelah itu, dilakukan pengompresan dengan es selama 10 menit untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian yang mengalami patah tulang. Jika bagian yang dikompres berubah warna menjadi keputihan maka hentikan pengompresan.


Kompres Dingin-Tangkapan Layar Youtube INAHEALTH-Youtube

4. Selanjutnya, lakukan pembalutan dengan bidai dan mitela untuk menyokong sendi agar tidak bergerak. Jangan membalut terlalu kencang supaya tidak mengganggu sirkulsi peredaran darah. 

(BACA JUGA:Bayi Mengalami Demam? Lakukan Langkah Ini Untuk Meredakannya)

Longgarkan pembalutan jika rasa nyeri bertambah. Jika tidak ada bidai, maka dapat menggunakan kardus atau sandal jepit.


Pembalutan dan Pembidaian-Tangkapan Layar Youtube INAHEALTH-Youtube

5. Kemudian lakukan tahap Elevation dengan cara mengangkat bagian tubuh yang mengalami cedera ke arah yang lebih tinggi dari jantung, supaya darah tidak menumpuk di bagian yang mengalami cedera sehingga pembengkakan dapat berkurang.

(BACA JUGA:Awas Alami Pendarahan Otak! Kenali, Gejala, Penyebab, dan Penanganan Medis Penyakit Tukul Arwana ini)


Meninggikan Bagian Cedera-Tangkapan Layar Youtube INAHEALTH-Youtube

Proses penyembuhan cedera tulang berbeda dengan kasus lainnya, proses tumbuh kembali memerlukan waktu setidaknya 3 bulan tergantung tingkat keparahan.

Jika luka cedera sudah sembuh, jangan lupa  melakukan rehabilitasi medik di rumah sakit.

 

(Ilmi)

AK

`
Kategori : Gaya Hidup
Sumber : youtube