Stres dan Lelah Berkepanjangan Bisa Menjadi Salah Satu Gejala Burnout, Simak Penjelasan Psikolog UGM Berikut


Ilustrasi orang mengalami stress-1388843-Pixabay

AKSARA KHATULISTIWA - Kamu merasa lelah dan malas tiada henti ? Jangan-jangan itu Gejala Burnout.

Sudah istirahat panjang, banyak tidur, tapi masih terasa lelah yang tak kunjung reda ? Hati-hati dengan gejala burnout yang membuat kamu merasa capek terus menerus.

Dikutip tim AKSARA dari pada video Youtube Analisa Channel yang diposting pada 1 Oktober 2020, burnout adalah sebuah istilah yang ditemukan oleh seorang psikolog Amerika Serikat di tahun 1970 oleh Herbert Freudenberger.

(BACA JUGA:Ramai Soal Gender Mahasiswa Unhas : Ini Penjelasan Apa Itu Non Binary hingga Perbedaannya dengan Transgender)

Burnout secara emosi merupakan kelelahan yang terjadi sepanjang waktu dan menimbulkan dampak negatif kondisi psikologis yang didukung oleh gejala fisik, emosional, dan faktor sosial.

Berikut ini ada penjelasan dari Analisa Widyaningrum seorang psikolog lulusan UGM terkait 7 gejala burnout :

1. Mengalami kelelahan kronis

(BACA JUGA:Link Nonton Film dan Sinopsis Day Shift Sub Indo Full HD1080P! Skip Rebahin dan IDLIX)

Kelelahan kronis bisa terjadi sepanjang waktu dan berbeda dengan kelelahan biasa. Kamu merasa sudah istirahat, tetapi masih merasa lelah sekali bahkan lebih lelah daripada biasanya.

Kelelahan tidak hanya dialami oleh pikiran dan perasaan, tetapi badan juga terasa sakit atau pegal serta diiringi keinginan untuk malas tidur dan makan.

2. Mulai tidak peduli terhadap diri sendiri

(BACA JUGA:25 Nama Bayi Perempuan Khas Jawa Keraton Penuh Makna, Memberikan Kesan Elegan Bak Anak Ningrat)

Tidak peduli terhadap diri sendiri dapat diketahui dari perilaku sehari-hari. Perilaku tersebut seperti tidur terlalu malam, lebih banyak tidur, atau bahkan susah tidur.

Selain itu, juga ditandai dengan malas memperhatikan makanan sehat yang seharusnya diberikan kepada tubuh supaya tetap sehat.

3. Produktivitas dan kualitas kerja menurun

(BACA JUGA:25 Nama Bayi Laki-laki Khas Jawa Keraton Penuh Makna, Memberikan Kesan Wibawa Bak Anak Ningrat.)

Hal ini bisa terjadi ketika sedang burnout, seperti hasil perkerjaan yang kurang baik dan kinerja yang menurun tidak seperti biasanya.

`
Kategori : Gaya Hidup
Sumber : youtube