Terkait Pemekaran Wilayah Papua, Presiden Jokowi: Pemerintah Itu Mendengar Permintaan-permintaan dari Bawah


Presiden Jokowi ketika memberikan [email protected] Resmi

AKSARA KHATULISTIWA - Preside RI Joko Widodo memberikan pernyataan terkait Pemekaran Wilayah di tanah Papua.

Presiden Ri Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan bahwa pemekaran wilayah di tanah Papua merupakan untuk mencapainya pemerataan pembangunan.

Dengan adanya pemekaran menjadi tiga wilayah yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan diharapkan bisa mempermudah jangkauan pelayanan.

(BACA JUGA:Pilpres 2024 Tinggal Menunggu Waktu, Presiden Jokowi Angkat Bicara Soal Calon Penggantinya )

“Ini dalam rangka pemerataan pembangunan karena memang tanah Papua ini terlalu luas kalau hanya dua provinsi, terlalu luas. Untuk memudahkan jangkauan pelayanan, itulah dibangun daerah-daerah otonomi baru,” jelas Presiden RI di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/08/2022).

Presiden RI tersebut menjelaskan bahwa pemekaran wilayah di tanah Papua merupakan aspirasi yang berasal dari masyarakat Papua itu sendiri dari beberapa tahun lalu dan dari setiap wilayahnya.

(BACA JUGA:Ramalan Primbon Jawa! Cucu Kelima Jokowi Lahir, Ini Gambaran Rezeki dan Peruntungannya Menurut Kalender Jawa)

“Ini kita kan, saya sendiri mendengar, pemerintah itu mendengar permintaan-permintaan dari bawah. Saya ke Merauke, minta. Saya ke Pegunungan Tengah, kelompok-kelompok datang ke saya minta itu dan sudah 7 tahun yang lalu, 6 tahun yang lalu, 5 tahun yang lalu dan kita tindak lanjuti dengan pelan-pelan. Ini permintaan dari bawah, dari kelompok-kelompok yang ada di sini,” tuturnya

Terdapat pro dan kontra terkait pemekaran wilayah tersebut sebuah bentuk demokrasi.

(BACA JUGA:Kelahiran Cucu Kelima Jokowi, Disebut Kelahiran Kahiyang Dijaga 4 Dokter Spesialis )

“Sekali lagi, itu adalah permintaan dari bawah, bahwa ada pro dan kontra itu namanya demokrasi,” ujarnya.

(Daud Al Ikhlas)

`
Kategori : Nasional