16 Pelaku Tertangkap Karena Menyalahgunakan Tabung Gas Bersubsidi 3 KG


16 tersangka lpg bersubsidi--pmjnews.com

AKSARA KHATULISTIWA - Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Membongkar tindak kejahatan yang dilakukan oleh 16 orang tersangka.

Hal tersebut dikarenakan menyalahgunakan tabung gas Lpg bersubsidi, pasalnya tabung yang berukuran 3 kg disuntikan kemudian dipindahkan dalam tabung gas 12 kg non subsidi.

Bermula karena menerima 9 laporan dalam kurun waktu 3 bulan, di bulan juli sampai Agustus 2022.

(BACA JUGA:Terkait Pemekaran Wilayah Papua, Presiden Jokowi: Pemerintah Itu Mendengar Permintaan-permintaan dari Bawah)

Polisi menangkap dan menetapkan 16 orang sebagai tersangka dengan inisal AA, ADT, APD, AS, DD, ERT, HL, ISW, IZR, JL, JL, KHR, PR, STA, TAJ, dan ZA.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, para tersangka melaksanakan aksi dengan menggunakan peralatan pipa yang sudah dimodifikasi serta menggunakan es batu.

“Agar isi dari tabung gas elpiji ukuran 3 Kg (subsidi) dapat berpindah ke tabung elpiji kosong ukuran 12 Kg (non subsidi),” ujar Zulpan kepada wartawan, Jumat (2/9/2022).

(BACA JUGA:Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah Mendesak untuk Membatalkan Percetakan Kalender 2023 dari APBN)

Dalam melaksanakan aksinya, Zulpan Menjelaskan, pelaku memindahkan isi tabung dengan cara menjejerkan tabung non subsidi 12 kg dengan memberikan es batu diatasnya agar suhu dingin.

Kemudian tabung yang bersubsidi seberat 3 kg diletakkan diatas tabung non subsidi 12kg dengan keadaan terbalik dan menghungkannya dengan menggunakan pipa regulator.

“Diperlukan waktu selama kurang lebih 30 menit untuk mengisi tabung gas elpiji kosong ukuran 12 Kg sampai penuh,” jelasnya.

(BACA JUGA:Bikin Melongo, 5 Ikan Cupang Ini Harganya Mahal Gila! Yang Terakhir Seharga Iphone 13 Pro Max)

Proses pengisian kedalam tabung gas 12kg  membutuhkan 4 Tabung Gas Bersubsidi.

Keuntungan yang diraup mencapai Rp 90.000 ribu per tabung gas 12 Kg. karena harga jual satu tabung gas 12kg seharga Rp 160.000, sedangkan 4 tabung gas bersubsidi berharga Rp 70.000 karena harga pertabung gas 3 kg berharga Rp 17.500.

(Qolbi Istaghfirul)

`
Kategori : Nasional
Sumber : pmjnews.com