Segara urus Kartu BPJS Sekarang! BPJS Menjadi Syarat untuk Mengurus SIM, SKCK, dan STNK


Kartu BPJS Kesehatan--dok. istimewa Jurnalis Indonesia

AKSARA KHATULISTIWA- Bpjs Kesehatan rencananya akan dijadikan salah satu syarat untuk mengurus Sim, Skck, dan Stnk.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 terkait Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang mengharuskan Kapolri untuk memastikan pemohon Surat Izin Mengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri mengungkapkan bahwa ia akan menyediakan layanan BPJS di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM seluruh Indonesia supaya bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayananan publik seperti dalam mengurus SIM dan STNK.

(BACA JUGA:Kabar Gembira! Mahasiswa Akhir Bisa Melakukan Skripsi Gratis dengan Beasiswa BAZNAS, Simak Persyaratannya)

Beliau juga menyarankan supaya masyarakat segera mendaftar BPJS Kesehatan supaya dapat mendapat pelayanan publik.

"Aktifkan segera BPJS, sehingga Anda juga akan memperoleh kesempatan dilayani dengan lebih baik dan lebih cepat di fasilitas-fasilitas publik lainnya. Termasuk kepolisian SIM dan STNK,"kata Firman Shantyabudi selaku Kepala Korps Lalu Lintas Polri.

Namun, belum ada informasi secara pasti mengenai kapan peraturan tersebut bisa diberlakukan.

(BACA JUGA:Pemerintah Resmi Tetapkan Kenaikan Harga BBM, Masyarakat Mempertanyakan Ketersediaan)

Endra Rachmawan selaku Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Polisi saat ini belum menentukan kapan diberlakukannya peraturan tersebut.

"Polri harus koordinasi dengan instansi yang terkait. Kedua, membutuhkan waktu untuk sosialisasi ke masyarakat,"dikutip dari Portal Berita Resmi Polda Metro Jaya (2/9/2022).

Endra mengatakan bahwa kini kepolisian masih menyusun peraturan polisi 7/2021 tentang Regiden Ranmor (Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor) yang rencananya akan mewajibkan Kartu BPJS sebagai syarat untuk mengurus SIM, SKCK, dan STNK di kepolisian.

 

(Ilmi)

 

`
Kategori : Nasional