Kunjungan Pertama setelah Pandemi: Presiden China XI Jinping Dikabarkan akan Mengunjungi Kazakhstan


Presiden China Xi Jinping --Tangkapan Layar Instagram @turnbackhoaxid

AKSARA KHATULISTIWA - Presiden China, Xi Jinping dikabarkan akan mengunjungi Kazakhstan pada 14 September dan jika benar ini merupakan kunjungan pertamanya ke luar negeri setelah Pandemi.

Dikutip tim AKSARA dari kantor berita Reuters, Presiden China belum pernah meninggalkan negaranya semenjak awal pandemi Covid-19

Namun belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah China terkait rencana kunjungan Xi ke Kazakhstan. Pun juga kementrian Luar Negeri China belum memberi komentar tentang kabar kunjungan tersebut. 

(BACA JUGA:Lisa Kembali Cetak Sejarah! Jadi Solois Pertama K-Pop yang Menangkan Best K-Pop MTV VMA 2022)

Aibek Smadiyarov sebagai juru bicara kemlu Kazakhstan mengumumkan bahwa pada Kunjungan Presiden China tersebut akan bertemu dengan Kassym-Jomart Tokayev dan akan mengunjungi sejumlah dokumen bilateral. 

Kabarnya, sebelum kunjungan ke kazakhstan, Xi akan mempertimbangkan kunjungannya ke Asia Tengah. 

(BACA JUGA:Peru Menuntut RI Selidiki Kematian Rodrigo Ventosilla, Aktivis LGBT di Bali )

mengingat bahwa kedua negara tersebut memiliki hubungan yang cukup dekat. melalui Nur-Sultan yang menyuplai logam, mineral, dan energi kepada Beijing. 

Kazakhstan juga sekutu dari Rusia. Putin pun pernah mengirimkan pasukan perdamaian Rusia untuk mengatur demo kenaikan bahan bakar pada Kazakhtan, yang merupakan permintaan dari Tokayev. 

(BACA JUGA: Warga Naik Pitam Kepanasan! China Memerintahkan Tes Covid Massal Saat Gelombang Panas)

Disisi lain, Xi juga pernah menegaskan jika dirinya berhubungan baik dengan Rusia, meskipun negara tersebut mrnginvasi Rusia. 

(Diwai)

`
Kategori : Internasional
Sumber : reuters