Film Sejarah G30S PKI yang Berisi Kisah Tragis Korban Para PKI, Ini Link Nonton Buat Kamu yang Kepo Filmnya


Monumen Pancasila Sakti--cagarbudaya.kemdikbud.go.id

AKSARA KHATULISTIWA- Peristiwa G30s Pki merupakan peristiwa penculikan sebanyak 6 orang jenderal meninggal dunia.

 

G30S PKI terjadi pada 30 September menewaskan 6 jenderal yang terdiri atas Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani, Letjen (Anumerta) Suprapto, Letjen (Anumerta) S. Parman, Letjen (Anumerta) M.T. Haryono, Mayjen (Anumerta) D.I Panjaitan, Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomiharjo, Brigjen (Anumerta) Katamso, dan Kapten (Anumerta) Pierre Tendean.

Dikutip dari YouTube Nadia Omara pada 29 September 2022, gerakan G30S PKI ini dilakukan oleh sekelompok orang pada 1 Oktober dini hari.

(BACA JUGA:Terungkap! Netflix Bocorkan Para Pemeran Spin-Off Berlin dari Serial Money Heist! Siap Tayang Tahun Depan!)

Pemberontakan G30S PKI tersebut dilakukan oleh DN Aidit untuk menggulingkan Presiden Soekarno dan menjadikan ideologi komunis sebagai dasar negara.

Partai komunis ini sejak lama memprovokasi dan menghasut rakyat Indonesia untuk mendapatkan dukungan penuh sebagai negara komunis.

Salah satu golongan yang menentang PKI adalah TNI Angkatan Darat, sehingga menimbulkan  berbagai konflik dan perselisihan.

(BACA JUGA:Apa Itu Tes HBsAg? Waspadai Gejala Hepatitis B yang Bisa Serang Bayi Hingga Dewasa!)

Suatu hari, berhembuslah isu rencana PKI (Partai Komunis Indonesia) yang ingin mengkudeta Ir. Soekarno karena tidak puasa dengan kinerja pemerintahan.

Berhembusnya rencana tersebut ketahuan karena ditemukannya dokumen ''Gilchrist'' dan pada akhirnya membuat Ir. Soekarno membentuk Cakra Birawa.

Cakra Birawa ini merupakan pasukan bentukan presiden Soekarno yang terdiri dari gabungan antara Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Kepolisian.

(BACA JUGA:Johnny Depp Dirumorkan Memiliki Kekasih Baru, Amber Heard Tidak Peduli)

`
Kategori : Gaya Hidup