Temuan Kompolnas : AKBP Ferli Hidayat Tak Perintahkan Tembak Gas Air Mata


Penembakan gas air mata kepada sporter aremania--Twitter @PolJokesID

AKSARA KHATULISTIWA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengatakan tidak ada perintah langsung dari Kapolres Malang untuk Akbp Ferli Hidayat kepada anggota yang didakwa menembakkan gas air mata di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi langsung kepada AKBP Ferli terkait tragedi Kanjurukhan tersebut.

Wahyu mengatakan "Tidak ada perintah dari Kapolres untuk membubarkan dengan penggunaan gas air mata yang berlebihan," Pada Selasa (4/10).

(BACA JUGA:Viral! Kesaksian Penjual Dawet Stadion Kanjuruhan : Supporter dibawah Pengaruh Alkohol dan Narkoba)

Wahyu menjelaskan Kapolres Malang Nonaktif AKBP Ferli Hidayat menjalankan tugasnya secara prosedural dengan tindakan pencegahan dengan memberikan instruksi langsung kepada staf yang bekerja saat upacara sebelum pertandingan.

Menurutnya, AKBP Ferli telah melakukan pengamanan jelang laga Arema Fc melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

"Sudah disampaikan pada saat apel lima jam sebelumnya. Jadi ini memang kami melihat ada tindakan preventif yang sudah dilakukan, dari internal kepolisian, kapolres melihat secara prosedural sudah dijalankan," ujarnya.

(BACA JUGA:Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang Sudah DIRAMALKAN Oleh Kitab Primbon Jawa! SImak Baik-Baik!)

Wahyu menambahkan, selain tidak meminta gas air mata untuk membubarkan massa, Kapolres Malang juga tidak aktif menutup atau memblokir pintu keluar Stadion Kanjuruhan.

`
Kategori : Nasional