Keraton Yogyakarta Gelar Rangkaian Acara Sekaten 2022, Upacara Peringatan Maulid Nabi Sejak Abad Ke-15


Rangkaian Acara Sekaten Keraton Yogyakarta--twitter/@kratonjogja

AKSARA KHATULISTIWA - Keraton Jogja atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dikabarkan tengah menggelar serangkaian Upacara Sekaten.

Upacara ini ditujukan sebagai bentuk Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Rangkaian Acara Sekatan ini telah dimulai Sabtu hingga Jumat (1-7/10/2022) atau 6-12 Mulud Ehe 1956.

(BACA JUGA:Kapan Maulid Nabi 2022? Berikut Tanggal Peringatan Maulid Nabi Berdasarkan Kalender Islam Beserta Maknanya!)

Dilansir dari akun resmi @kratonjogja, upacara Sekaten tahun ini berbeda dari upacara 2 tahun sebelumnya. Hal yang membedakan yaitu Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X bakal menyebar udhik-udhik secara terbatas untuk umum. Sementara, udhik-udhik pada prosesi Miyos Gangsa akan disebar oleh Utusan Dalem.

Agenda pertama dalam upacara Sekatan yaitu dengan diawali Miyos Gangsa pada Sabtu (1/10). Dimana acara ini merupakan proses pengeluaran Gamelan Sekati dari Keraton ke Masjid Gedhe Kauman

(BACA JUGA:Mengenang Tragedi Arema FC, Iwan Fals Rilis Lagu Kanjuruhan! Berikut Liriknya)

Kemudian gamelan tersebut akan dibunyikan selama 1 minggu hingga Jumat (7/10). Setelah itu, untuk proses pengembaliannya akan dilakukan acara Kondur Gangsa pada hari terakhir itu juga. 

Dalam prosesi pengeluaran Gamelan Sekati yang baru saja dilakukan juga diiringi oleh arak-arakan Bregada Jagakarya dan Bregada Prawiratama.

`
Kategori : Nasional
Sumber : twitter