Selasa 26-10-2021,01:07 WIB

Mengejutkan! Arkeolog Temukan Fosil Naga Terbang Purba!


Reporter : Dewangga Evan
Editor : Alhaqqy




AKSARA KHATULISTIWA - Peradaban masa lalu selalu menarik untuk dikulik sejarahnya, kemajuan teknologi, membuat para Ilmuwan selalu menemukan jejak-jejak sejarah terbaru.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi sisa-sisa fosil kadal bersayap yang digali di Gurun Atacama Chili sebagai " naga terbang "- yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di Belahan Bumi Selatan.

Pterosaurus, yang membubung di langit 160 juta tahun yang lalu, memiliki lebar sayap 6,5 kaki (2 meter); ekor panjang dan runcing; dan gigi yang menonjol ke luar — fitur yang memberi makhluk era Jurassic julukan "naga" yang menakutkan.

Meskipun genus dan spesies kadal bersayap yang tepat tidak diketahui,para ilmuwan berpikir itu adalah anggota Rhamphorhynchinae,subfamili rhamphorhynchoids,yang merupakan salah satu dari dua jenis utama pterosaurus (bersama pterodactyloids).

Dibandingkan dengan pterodactyloids ,seperti genus pteranodon yang termasuk spesies dengan lebar sayap lebih dari 23 kaki (7 meter),Rhamphorhynchinae rata-rata lebih kecil,ekornya lebih panjang dan, bukannya paruh,memiliki rahang bergigi penuh, yang kemungkinan besar mereka gunakan untuk menangkap ikan. dan mamalia laut kecil dari laut. 

(BACA JUGA:Untuk Mencegah Terjadinya Kasus Covid-19 Gelombang 3, Presiden Jokowi Kembali Ingatkan Masyarakat Tentang Ini )

Penemuan ini adalah pertama kalinya anggota subfamili Rhamphorhynchinae ditemukan di bawah khatulistiwa.


Tags : #lizard #kadal #ilmuan #fosil #dragon #chili
Kategori : Internasional