Daftar Lokasi dan Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Hari Ini, Jumat 19 November 2021! Fenomena Gerhana Bulan Terlama Abad Ini


ilustrasi gerhana bulan -pixabay/KBOutdoors-pixabay/KBOutdoors

AKSARA KHATULISTIWA - Fenomena Gerhana Bulan akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada hari ini (19/11). Jenis gerhana yang akan terjadi ialah gerhana bulan sebagian.

Fenomena Gerhana bulan kali ini terbilang sangat langka karena akan berlangsung selama 3 Jam 28 Menit. Durasi tersebut dianggap sebagai durasi gerhana bulan sebagian paling lama dalam abad ini.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Peneliti dari Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang.

Lebih lanjut, Andi menuturkan bahwa durasi gerhana paling lama hanya akan dapat dirasakan di wilayah papua. Wilayah indonesia bagian barat tidak akan dapat mengamati puncak gerhana.

Berdasarkan hasil riset, permukaan Bulan akan tertutupi umbra Bumi sebesar 97,85 persen, terjadi dekat dengan gugus Pleaides di konstelasi Taurus. Selain itu, gerhana kali ini mempunyai magnitudo gerhana 0,9785. 

(BACA JUGA:Jadwal Gerhana Bulan Hari Ini, 19 November 2021! LAPAN: Ini Gerhana Bulan Terlama di Abad Ini!)

(BACA JUGA:Kecelakaan Vanessa Angel Kental Unsur Supranatural! Ternyata Bibi Ardyansyah Pernah Dapat Ramalan Mengerikan Sebelum Menginggal!)

"Hanya wilayah Papua yang akan mengalami durasi gerhana paling lama, dalam waktu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara, bagian barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana Bulan sebagian”, terang Andi.

Dilansir tim AKSARA dari situs Edukasi Sains Antariksa milik Lapan, gerhana bulan sebagian dibagi menjadi lima fase. Berikut rincian waktunya:

`
Kategori : Nasional