`

Viral! Celine Evangelista Ternyata Punya Spirit Doll, Ini Sejarahnya yang Belum Banyak Diketahui


celine evangelista--instagram

AKSARA KHATULISTIWA- Fenomena boneka arwah atau spirit doll kian ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia.

Banyak beberapa artis tanah air yang merawat boneka tersebut layaknya anak mereka sendiri, diantaranya, Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Ruben Onsu, Soimah, dan Furi Harun.

Akan tetapi, Drs Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si pemerhati budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengatakan, jika fenomena boneka arwah yang lagi tren di Indonesia tidaklah hal yang baru.

Pasalnya, sudah sejak lama masyarakat sudah mempercayai boneka tersebut karena menurut Tundjung dengan keberadaan spirit doll dalam mitologi jawa sangat erat dan ada kaitannya perkembangan animisme dan dinamisme.

Ada berbagai khazanah dan pustaka sejarah yang telah menyebutkan sedari zaman mesolitikum boneka tersebut sudah muncul kekuatan roh lalu, kehadiran agama Hindu Budha boneka ini semakin dipercaya terhadah roh yang memang sebelumnya sudah ada.

(BACA JUGA:Pakar Psikologi UNAIR Angkat Bicara! Berikut Tanggapannya Soal Trend Spirit Doll yang Tengah Viral)

(BACA JUGA:Mulai Ivan Gunawan Sampai Celine Evangelista Mengasuh Spirit Doll, Sosiolog: Manusia Kehilangan Kemanusiaannya)

Menurut Tundjung roh yang sebelumnya ada memang untuk mendorong manusia untuk hidup dan membangun harmonisasi dengan entitas roh tersebut.

`
Kategori : Nasional