Ukhti Wajib Tahu, Ini 10 Amalan Saat Haid yang Dianjurkan! InsyaAllah Ibadah Tetap Lancar dan Terjaga


Ilustrasi muslimah yang sedang berdoa setelah menunaikan sholat-Thirdman-Pexels

AKSARA KHATULISTIWA - Tak perlu khawatir ketika haid tidak dapat beribadah, karena ada amalan-amalan lain yang dapat dilakukan meskipun sedang haid. 

Di dalam ajaran islam, wanita ketika haid tidak dapat melakukan ibadah seperti sholat, mengaji, puasa dan pergi haji atau umroh. 

Tak hanya itu, pada saat wanita haid ada juga kegiatan yang harus diperhatikan dan juga dihindari, yaitu tidak boleh potong rambut dnegan sengaja, memotong kuku dengn sengaja dan lain sebagainya. 

Hal tersebut membuat para wanita tidak dapat berleluasa dalam menjalankan kegiatan keseharian.

Darah haid adalah darah kotor yang terjadi pada siklus bulanan wanita, dan hal tersebut berlangsung selama 7-15 hari, sehingga para wanita tidak dapat mengerjakan ibadah.

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Asmaul Husna! Warisan Rasulullah dan Ijazah Kyai Sakti Lamongan)

Namun kalau membicarakan tentang ibadah, itu memiliki banyak kegiatan kebaikan yang lain selain sholat, puasa, mengaji dan haji.

Ibadah adalah suatu kegiatan untuk mengamalkan kebaikan-kebaikan dengan niatan atas nama Allah SWT. 

Sehingga banyak sekali kegiatan lain yang dapat diamalkan meskipun sedang haid. 

Berikut 7 kegiatan yang dapat diamalkan meskipun sedang haid.

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Qunut Terbaru! Lengkap dengan Teks Arab-Latin dan Terjemahan)

1. Berdzikir

Berdzikir merupakan kegiatan membaca dengan menyebut nama-nama Allah.

Kegiatan berdzikir ini adalah sebuah ibadah yang mudah dilakukan dimana-mana, di dalam rumah, di luar  rumah, sedang memasak, atau segala jenis yang lainnya. 

Dengan berdzkir ini akan membuat hati anda merasakan ketenangan, tak hanya itu dengan berdzikir juga membuat anda selalu mengingat Allah dimana dan kapanpun anda berada. 

Berdzikir juga memiliki waktu yang baik yakni diwaktu pagi dan menjelang malam hari. 

Namun biasanya berdzkir pada saat haid ini juga baik dilakukan pada saat waktu sholat, ketika semua orang muslim sedang melaksanakan sholat wajib, saat itu juga wanita haid dapat melakukan dzkir sebagai ganti mengerjakan ibadah sholat. 

2. Berdoa

Berdoa adalah kegiatan untuk meminta dan memohon kepada Allah.

Dengan melakukan kegiatan berdoa sama halnya anda masih mengingat serta mengakui adanya Allah SWT, serta dengan berdoa juga apapun yang anda lakukan akan menjadi berkah akan restu-Nya. 

Kegiatan berdoa ini dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun anda berada.

Berdoa juga dapat dilakukan sebelum akan melakukan sesuatu, dengan berdoa terlebih dahulu insyallah semuanya akan menjadi kebaikan atas diri kita.

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Qunut Terbaru! Lengkap dengan Teks Arab-Latin dan Terjemahan)

3. Bersholawat

Bersholawat yaitu suatu kegiatan doa yang disertai rahmat secara terus menerus kepada Nabi Muhammad SAW.

Dengan bersholawat dapat membuat anda mengingat akan rahmat dan juga berkah dari Allah SWT karena telah meluangkan waktu untuk bersholawat kepada nabi Muhammad SAW.

4. Mendengarkan Al-Quran

Ketika sedang haid, seorang wanita dilarang untuk memegang dan membaca Al-Quran.

Hal tersebut dikarenakan bahwa, sebelum memegang dan membaca Al-Quran haruslah dalam keadaan suci serta memilki Wudhlu terlebih dahulu. 

Sedangkan orang yang sedang haid, kegiatan wudhlu adalah kegiatan yang dilarang oleh Allah, karena masih dalam keadaan kotor akan darah haid. 

Namun jangan khawatir karena masih ada solusi yang lain yaitu dengan mendengarkan Al-Quran, dengan mendengarkan Al-Quran sudah seperti dengan mengaji.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa ketika saat mendengarkan Al-Quran, bibir kita tida boleh menyuarakan lantunan yang sama, hanya boleh menirukan tanpa bersuara.

(BACA JUGA:Amalan Doa Nabi Adam AS Untuk Meminta Pintu Pertaubatan Kepada Allah SWT)

5. Mendengarkan Tausiyah

Tausiyah merupakan kegiatan ceramah tentang ilmu agama yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang dapat sharing di pada umat muslim yang lainnya. 

Biasanya tausiyah ini dilakukan oleh orang muslim di dalam masjid, namun tidak semua orang muslim melakukan hal yang sama. 

Karena ketika wanita yang sedang haid, masih diragukan untuk masuk ke dalam masjid karena dikhawatirkannya darah haid dapat tembus di lntai atau karpet masjid. 

Sehingga disarankan untuk mendengarkan tausiyah yang diadakan di luar masjid sehingga tidak dapat mengganggu kekhusyukan beribadah anda. 

Namun, mengikuti kajian dalam masjid juga dapat dilakukan apabila anda dapat menjaga kebersihan tubuh kalian.

6. Bersedekah

Kegiatan bersedekah yaitu dengan meluangkan sedikit harta guna untuk membagikannya kepada orang yang lebih membutuhkan. 

Dalam hal bersedekah, Rasulullah SAW juga menyerukan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

"Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka" (HR. Muslim)

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Agar Mudah Dapat Pekerjaan dan Dilancarkan Dalam Setiap Urusan, Bersumber dari Hadits)

7. Bersilaturrahmi

Menjaga silahturahmi merupakan salah satu amalan ketika haid yang perlu wanita lakukan.

Menjaga silaturahmi dengan menyambangi saudara, teman, dan kerabat bisa menambah pahala dan membuka pintu rezeki sesama umat.

Dengan bersilaturahmi, wanita bisa sejenak meluangkan waktu bersama dengan orang lain dan melupakan sejenak keletihan yang akan terbayar dengan senyuman teman atau saudara tersebut.

AK

`
Kategori : Oase