Berikut 7 Keutamaan Surah Al Falaq, Tak Hanya Sebagai Penepis Ilmu Hitam


Keutamaan Surat Al Falaq-pexels/RODNAE Productions-pexels/RODNAE Productions

AKSARA KHATULISTIWA - Al-Qur'an adalah kitab Hikmah dan ilmu. Meskipun ini adalah kitab suci umat Islam, namun, bagi mereka yang ingin mengetahui tentang alam semesta dan konsep Tuhan dan bagaimana Dia adalah Pencipta segalanya, Quran menyajikan contoh yang bagus dan menjelaskan semuanya secara rinci.

Dengan demikian, umat Islam menerima manfaat ganda mendapatkan pahala dengan membaca Al-Qur'an , serta menemukan petunjuk untuk mengetahui dan memahami hidup dan menjalaninya dengan cara yang lebih baik.

Quran terdiri dari Surah di mana setiap Surah memiliki tujuan tertentu di balik wahyunya. Selain itu, selain Surat-surat yang merupakan bagian dari Al-Qur'an yang membawa pahala, ada Surat-surat berbeda yang datang dengan keutamaan khusus.

(BACA JUGA:Tahukah Anda Bahwa Jumlah Nabi dan Rasul Bukan Hanya 25 Saja? Ini Penjelasannya)

Dua dari Surah pendek yang terkenal adalah Surah al Falaq, dan Surah an Naas. Baris-baris di bawah ini membahas keutamaan-keutamaan yang terkait dengan Surat-surat ini berdasarkan hadits, bersama dengan wawasan penting yang dapat diperoleh seseorang dari Surat-surat ini.

Surah al Falaq:

Transliterasi Surah adalah:

1. Qul 'a-'uuzu bi-Rabbil-Falaq

2. Min-shari maa khalaq;

3. Wa min-sharri gaasiqin 'izaa waqab,

4. Wa min-sharrin Naffaasaati fil 'uqad,

5. Wa min-sharri haasidin 'izaa hasad.

Terjemahan surah tersebut adalah:

Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan Sang Fajar. Dari kerusakan hal-hal yang diciptakan; dari kerusakan Darkness saat menyebar; dari kenakalan mereka yang mempraktikkan Seni Rahasia; dan dari kenakalan orang yang dengki sebagaimana ia mempraktekkan iri hati.” (113:1-5)

(BACA JUGA:Berikut Keutamaan Surat Al-Kahfi dan Asbabun Nuzul! Seringlah Membaca Surat Ini, Fadhilahnya Besar)

Kebajikan:

Mengenai turunnya Surah al Falaq, Nabi Muhammad (SAW) mengatakan dalam salah satu hadits-Nya:

Allah telah menurunkan ayat-ayat yang belum pernah kamu lihat sebelumnya: Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan manusia, dan: Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan fajar.” (H.R Tirmidzi)

Meskipun setiap ayat Al-Qur'an tidak ada tandingannya, namun dua ayat yang disebutkan dalam hadits ini, satu dari Surah An Naas dan yang lainnya dari Surah al Falaq telah dinyatakan tidak ada bandingannya oleh Nabi Muhammad (SAW). Oleh karena itu, dari hadits ini seseorang dapat memperoleh gambaran tentang keagungan Surah al Falaq.

Hazrat Aisha (RA) melaporkan bahwa:

Sebelum tidur Nabi Muhammad (SAW) akan membaca tiga Surah terakhir dari Quran dan kemudian akan meniupnya ke tangan-Nya dan kemudian mengusap tangan ke seluruh tubuh-Nya.” (H.R Bukhori)

Hadits ini menunjukkan bahwa pembacaan Surah al Falaq bersama dengan dua Surah terakhir dari Quran adalah Sunnah Nabi (SAW) dan Dia akan membuat bacaan itu mengusap tubuh-Nya seolah-olah membentuk lapisan pelindung. Oleh karena itu, seorang Muslim juga harus mempertimbangkan untuk mengikuti Sunnah Nabi (SAW) dan kemudian mengetahui manfaat tanpa akhir yang dibawanya kepadanya.

(BACA JUGA:Penting Untuk Memahami Al-Quran, Yuk Belajar Jumlah Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya, Berikut Ulasannya)

Menemukan Wawasan:

Jika kita merenungkan ayat-ayat Surah al Falaq maka kita dapat dengan mudah menilai bahwa ayat-ayat ini mengacu pada mencari perlindungan Allah SWT, pertama dari segala macam kejahatan yang menimpa siang atau malam.

Kedua, perlindungan dari orang-orang yang mempraktekkan ilmu gaib dan ketiga, perlindungan dari orang-orang yang iri dan dengki.

Ketiganya merupakan hal yang paling sering terjadi yang dapat merugikan seseorang. Oleh karena itu, Surah ini mengatakan bahwa jika seseorang ingin mencari perlindungan dari ketiga jenis penyakit ini, maka ia harus memohon kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, pembacaan Surah al Falaq dapat membantu banyak dalam memerangi kejahatan, iri hati dan seni rahasia.

Kebajikan & Pentingnya

Uqbah Bin Ami Al Juhin (ra dengan dia) meriwayatkan: "Nabi SAW berkata, 'Allah telah menurunkan kepadaku Ayat-ayat yang belum pernah terlihat.' 'Katakanlah aku berlindung kepada Tuhan manusia,' Sampai akhir Surat (Naas). 'Katakanlah, aku berlindung kepada Tuhan Al Falaq,' Sampai akhir Surat (Falaq)." 

Berikut adalah 8 Quran-Hadis dan manfaat berbasis bukti yang dibahas secara rinci.

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Mengusir Jin Jahat dari Rumah! Tempat Angker Insyaallah Bisa Adem-ayem)

1) Sembuh dari penyakit dan penyakit serius

Surah Falaq dan Naas adalah obat terbaik untuk penyakit dan penyakit fatal. Ayat kedua dari Surah Falaq adalah tentang mencari perlindungan Tuhan dari kejahatan setiap makhluk dan ini juga termasuk masalah yang berhubungan dengan kesehatan seperti:

• Segala macam penyakit dan demam

• Penyakit kronis dan mengancam jiwa

• Penyakit mental seperti depresi, kecemasan, bipolar, semua jenis fobia

• Segala sesuatu yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan kehidupan fisik seseorang. 

Hadis: Bagaimana Nabi Muhammad SAW menggunakan kedua Surah untuk sakit

Aisha (semoga Allah meridhoinya) meriwayatkan: "Setiap kali Rasulullah SAW sakit, dia akan membaca Mu'awwidhat (Surat Falaq dan Surah Naas) dan kemudian meniup napas-Nya ke seluruh tubuh-Nya. Ketika dia sakit parah, saya biasa membaca (kedua Surah ini) dan menggosok tangannya ke seluruh tubuhnya berharap untuk berkah. [Bukhari 5016] 

2) Keselamatan dari kejahatan setiap makhluk yang diciptakan

Dua Surah telah diturunkan untuk menjaga kita dari kejahatan setiap makhluk yang diciptakan. Kejahatan dari setiap hal yang diciptakan berarti "segala sesuatu yang kita temui dan alami." 

Min Sharri ma khalaq

(Aku berlindung) dari kejahatan apa yang Dia (Allah) ciptakan” Surah Falaq ayat 2

Kejahatan dapat memanifestasikan dirinya dalam dua bentuk: 

Hal-hal yang biasanya dianggap berbahaya bagi kehidupan & keberadaan manusia seperti:

• Hewan berbahaya & berbahaya seperti ular berbisa, kalajengking, anjing gila berkeliaran di jalanan 

• Bencana alam & bencana seperti Gempa bumi, banjir, gelombang panas, dingin terik, tanah longsor, angin topan dan tornado 

• Serangga seperti demam berdarah-malaria yang membawa nyamuk, serangga mematikan seperti cacing pita dan tak terhitung makhluk besar dan kecil lainnya yang mengancam jiwa

• Setan dan keturunannya

Hal  -hal yang sifatnya tidak berbahaya, tetapi dapat disusupi atau dipengaruhi oleh kejahatan dan kemudian sebagai akibatnya, menjadi berbahaya bagi manusia seperti:

• Air bermanfaat bagi kehidupan manusia, namun terkadang berwujud banjir, hujan lebat yang membunuh manusia dan merusak infrastruktur. 

• Listrik tidak berbahaya di alam karena manusia mendapat manfaat darinya. Namun, arus listrik bisa berbahaya dan bisa membunuh manusia

• Orang pada dasarnya tidak jahat tetapi ketika dicengkeram oleh kejahatan, mereka dapat menjadi berbahaya dan menimbulkan ancaman bagi kehidupan, kesehatan, bisnis, dan kebahagiaan manusia lain.

• Teknologi berguna, tetapi dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan, kecelakaan pesawat, munculnya penyakit dan kerumitan baru

(BACA JUGA:Ukhti Wajib Tahu, Ini 10 Amalan Saat Haid yang Dianjurkan! InsyaAllah Ibadah Tetap Lancar dan Terjaga)

3) Keamanan dari segala macam bahaya yang tersembunyi

Ada banyak bahaya tersembunyi yang mengintai karena pikiran manusia tidak dapat mendeteksi keseriusan mereka dan tingkat risiko yang ditimbulkannya terhadap keselamatan manusia. 

Wa min sharri ghasiqin idha waqab

"Dan dari kejahatan kegelapan ketika itu mengendap." Al Falaq ayat 3 

Kegelapan berarti malam ketika melewati siang hari yang membuat kita tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas. Jika sebuah ancaman tidak terlihat dan mengintai di tempat yang tidak kita sadari, kita membutuhkan kekuatan dan kecerdasan yang lebih tinggi yang dapat melindungi kita.

Manfaat yang dapat dibawa oleh ayat ini tidak terhitung banyaknya saat kita menjalani hidup mengalami saat-saat di mana kita dihadapkan pada bahaya seperti itu. Berikut adalah beberapa ancaman paling umum yang dapat dihadapi seseorang:

• Penjahat yang terlibat dalam pencurian, penipuan, dan penipuan

• Teman yang mungkin terlihat ramah dan simpatik tapi bisa jadi bertentangan dengan kesejahteraan dan kebahagiaanmu

• Orang munafik yang mungkin menunjukkan empati di permukaan, tetapi karena kecemburuan dan persaingan dapat menimbulkan ancaman bagi keselamatan Anda. 

• Itu bisa menjadi musuh tersembunyi dan nafsu yang melanggar hukum yang dapat menyerang melalui media apa pun

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Asmaul Husna! Warisan Rasulullah dan Ijazah Kyai Sakti Lamongan)

4) Penghapusan ilmu hitam

Ilmu hitam telah lama menjadi alat bagi orang-orang yang berpikiran jahat dan mereka menggunakannya untuk membahayakan nyawa korbannya.

Kedua Surat itu secara khusus diturunkan untuk menangani masalah-masalah yang mencakup sihir atau seni rahasia yang melibatkan penggunaan niat jahat secara sadar, biasanya dalam bentuk mantra terhadap manusia lain yang tidak menaruh curiga. 

Ayat ke-4 Surah Falaq berfokus pada bagaimana kita harus mencari perlindungan dengan Allah dari mereka yang mempraktekkan sihir atau orang-orang yang pergi ke penyihir profesional. 

Wa min sharrin naffasaati fil uqad

"Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu Dari kenakalan (kejahatan) orang-orang yang mengamalkan ilmu rahasia”, Surah Falaq ayat 4

5) Perlindungan dari jin jahat dan mata jahat

Jadikan Dua Surah ini bagian dari rutinitas harian Anda. Pahami artinya, dan hargai betapa Allah telah mengasihani kita dengan mengirimkan dua senjata ampuh ini melawan mata jahat dan jin. 

hadits:

Abu Said Al Khudri (RA) melaporkan: “Rasulullah SAW biasa meminta perlindungan dari kejahatan jin dan mata jahat sampai Surah Al Falaq dan Surah An Nas diturunkan. Setelah mereka diturunkan, dia membawa mereka untuk mencari perlindungan Allah dan meninggalkan segala sesuatu selain mereka.” [Riyad sebagai Saliheen 1015]

Kejahatan dunia gaib lebih berbahaya daripada yang dipikirkan banyak Muslim. Allah telah memperingatkan kita melalui Nabi Muhammad SAW dengan mengirimkan Surat-surat ini, tetapi sayangnya banyak dari kita tidak memahami keterlibatan jin jahat dan mata jahat dalam kehancuran kehidupan manusia.

(BACA JUGA:Ijazah Amalan Doa Qunut Terbaru! Lengkap dengan Teks Arab-Latin dan Terjemahan)

Kedua ancaman ini (jin jahat dan mata jahat) pertama-tama berdampak pada pikiran dan kesehatan spiritual seseorang, yang pada akhirnya bermanifestasi di dunia fisik dalam bentuk kejadian yang tidak diinginkan seperti kehilangan kesehatan, kerugian bisnis, masalah hubungan (perkawinan, keluarga) dan masalah lain yang tak terhitung jumlahnya. 

6) Perlindungan dari orang-orang yang cemburu 

Kecemburuan adalah sesuatu yang harus dijauhi setiap orang karena tidak hanya menyakiti orang yang menjadi cemburu tetapi juga korban. Allah telah secara khusus menyebutkan ancaman ini dalam ayat terakhir Surat Falaq, memberdayakan kita untuk menciptakan lingkungan yang aman di mana kita tidak terluka oleh jiwa-jiwa cemburu. 

Wa min sharri haasidin iza hasad

"(Aku berlindung) dari kejahatan iri ketika dia dengki" [QS. Falaq ayat 5]

7) Kontrol yang kuat atas waswaas (saran jahat)

Waswas adalah tipuan setan. Secara teknis, waswasa adalah segala informasi negatif atau jahat berupa pikiran, gagasan dan perasaan yang menembus hati dan pikiran seseorang dari setan dan sumber luar (jin dan manusia). 

Pikiran dan pemikiran negatif ini, jika tidak diganti dengan pikiran positif yang baik yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya, berubah menjadi delusi dan memaksa seseorang untuk melakukan hal-hal yang pada akhirnya menciptakan keadaan yang tidak diinginkan bagi mereka. 

Min sharril waswaasil khannas

Allazi yuwas wisu fi sudurin naas

"Dari kejelekan bisikan yang membisikkan ke dalam hati manusia" [An Naas ayat 4-5].

(BACA JUGA:Amalan Doa Nabi Adam AS Untuk Meminta Pintu Pertaubatan Kepada Allah SWT)

Jika Anda tidak waspada dan sadar, pikiran Anda dapat menangkap pikiran negatif, jahat, tidak produktif dan anti-kehidupan dari Setan. Jika kita tidak dilindungi melalui mengingat Allah, waswaas negatif ini dapat menjadi ingatan permanen jangka panjang kita dan kita melihat perubahan negatif dalam kebiasaan, rutinitas, dan hasil kita. 

AK

`
Kategori : Oase